Minggu, 27 Februari 2011

Seminar ONLINE MEDIA: CITIZEN JOURNALISM AND ENTREPRENEURSHIP


Pada tanggal 26 Februari kemarin saya mengikuti seminar yang diadakan oleh detikcom yang di selenggarakan di Hotel Bumi  Surabaya. Dengan pembicara Adrie Subono promoter music. Seminar itu merupakan rangkaian roadshow yang bertema “Seminar ONLINE MEDIA: CITIZEN JOURNALISM AND ENTREPRENEURSHIP” yang diadakan di tujuh kota yaitu:
1. Bandung, 12 Februari 2011
2. Semarang, 19 Februari 2011
3. Surabaya, 26 Februari 2011
4. Palembang, 12 Maret 2011
5. Medan, 19 Maret 2011
6. Padang, 26 Maret 2011
7. Makasar, 2 April 2011
 
Beberapa hari yang lalu kalo gak salah pas tanggal 23 February kemarin aku dapet telpon kalo aku bisa ikut seminar yang diakan detikcom. Kata si mbak seminarnya pada hari Sabtu , 26 Februari jam 08:00-12:00. Gila pagi banget. Secara rumahku di Bangkalan. Dan harus menempuh jarak jauh dan lamanya naik kapal. Berangkat jam berapa nih dari rumah? Mana aku sendiri lagi.
Akhirnya pada hari H dengan saran dari mamaku akhirnya aku berangkat jam 06:00. Dengan mata terkantuk-kantuk. Akhirnya aku nekat berangkat. Setibanya di kapal hal menyebalkan datang. Banyak banget orang yang ngerokok. Gak tau apa ya diruang public dilarang ngerokok. Belum lagi si kapal yang gak berangkat-berangkat. Setelah menunggu setengah jam akhirnya jam 07:00 lebih sedikit si kapal berangkat juga.
Setengah jam kemudian kapal menyandar dengan selamat di pelabuhan Perak. Karena aku gak tahu gimana caranya ke Hotel Bumi akhirnnya aku mutusin naik taksi aja. Dari pada nyasar dan telat. *padahal biar bisa tidur tenang di taksi hehehe. Jam delapan lewat akhirnya aku tiba di lokasi. Gila aku kayak anak hilang. Bingung nyari lokasi seminarnya. Untung ada petugas hotel dan aku di beri petunjuk. *thanks si mbak petugas hotel yang baik hati.
Aku bertemu seorang cowok yang mengikuti seminar juga. Entah siapa namanya (aku lupa hehe)  yach dia ngajak basa-basi gitu. Tapi karena dasarnya aku gak suka basa-basi dan karena masih ngantuk aku jawab aja asal. Hehehe jangan marah ya mas.
Belum banyak peserta yang datang sekitar 7-8 orang yang hadir. Setelah registrasi aku menunggu pintu ruangannya terbuka. Yach karena sendirian akhirnya aku Cuma bisa sibuk ama hapeku sendiri. Satu per satu peserta hadir. Ada yang sendiri ada juga yang berkelompok.
Ada seorang cewek yang menunggu juga di sebelah kanan. Dia memperkenalkan namanya. Setelah kita saling berkenalan. Ada lagi seorang cewek di sebelahku. Dia juga ngajak kenalan namanya sam denganku Putri. Dasar aku orangnya lupaan. Aku jadi lupa sapa nama orang di kananku tadi ya?  Entahlah aku lupa.
Tak lama kemudian peserta dipersilahkan masuk.aku mengambil kursi no. 2 dari depan. Yach tepat di depan tempat sang narasumber akan berbicara. Aku disamping cewek-cewek yang aku temui didepan tadi. Oia, yang tadi itu namanya Ranti. Aku baru ingat setelah baca namanya di ID Card. Tapi acara tidak langsung di mulai. Saat waktu luang itu digunakan sang sponsor Telkomsel untuk promosi dengan memutar voice iklan cenat-cenutnya. Ada sekitar 250 orang yang menghadiri seminar ini. Aku kira bakal ontime jam 08:00 akan mulai. Ternyata acara dimulai jam 08:52. Molor sangat jauh.

Pembicara pertama yaitu Andri Huzain seorang Director of commerce & IT. Yang member materi tentang Portal Lokal. Dia tidak lama memberi materi.
Kemudian pembicara kedua yaitu Budiono Darsono yang biasa dipanggil Bdi. Dia merupaka PimRed detikcom. “Dari Tragedi Semanggi hingga Video mirip Luna Maya” itulah tampilan awal slide materi yang ditampilkan. Katanya tragedy semanggi merupakan berita awal yang  menandakan berdirinya detikcom hingga sekarang. Mereka selalu memberikan informasi sejak detik awal suatu kejadian terjadi.  Di akhir sesi beliau mengatakan tirulah filosofi jagung bukan jambu monyet. Karena jagung meskipun bijinya banyak tetap ditutupi. Sedangkan jambu monyet yang hanya memiliki satu biji selalu dipamerkan. Pak Bdi menyampaikan materinya dengan cara yang sangat menarik.
 PimRed detikcom Bapak Budiono Darsono 

Kemudian acara selanjutnya yaitu promosi dari Telkomsel. Yang menjelaskan beberapa keunggulan dari Telkomsel. Ya ampun. Orang yang ku tunggu Adrie Subono malah orang promosi yang dateng. –“ gak perlu promosi pun aku udah pake Telkomsel kale..
Tapi sayang ruangannya sangat dingin. Udah aku benci banget ama dingin lagi. Bikin kebelet aja. Akhirnya waktunya Coffee Break terus Adrie Subononya kapan? Bodo ah.. Aku  langsung buru-buru aku ke toilet bareng Putri yang sama-sama kedingingan dan kebelet. Setelah lega kita langsung ke tempat coffee break di sana disediakan dua macam roti dan teh serta kopi. Waktu yang diberikan 15 menit. Setelah itu kami dipersilahkan masuk. Ya untungnya gpp minumannya di bawa masuk.
Dan akhirnya saatnya mas Adrie Subono (dia gak mau dipanggil Om atau Pak jadi manggilnya harus mas) masuk dan member materi entrepreneurship sebagai promoter. Dia memberi materi yang sangat menarik. Cara penyampaian yang lucu serta sering bertingkah yang membuat para peserta tertawa. Misalnya pada saat ditengah pembicaraan dia meminta tisu pada presenternya. Dan tiba-tiba menaruhnya di atas kepala dan menutupnya dengan topi. Aneh banget khan?.  “Kerjakan sesuatu sesuai denga keahlianmu. Dan serahkan pekerjaan pada ahlinya” itulah yang sering dikatakan beliau. Jadi jangan mengerjakan semuanya sendiri karena akan membuang waktu dan energy saja. Kerjakanlah yang memang keahlian kita. Bila bukan serahkan saja pada yang memang ahlinya. Selain itu saat kita melakukan sesuatu jangan terfokus dengan apa yang kita suka. Tapi pada keinginan pangsa pasar kita. Banyak hal yang aku dapet dari materi yang di berikan mas Adrie Subono.
 Adrie Subono

Sekitar jam 13:20 acara selesai. Dan aku menyempatkan diri berfoto dengan sang PimRed detikcom bapak Bdi.
 Me & Bpk. Budiono Darsono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar